Beginilah Cara Menabung Untuk Persiapan Umroh

Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat dari Pixabay

Pergi ke tanah suci untuk beribadah merupakan impian semua umat muslim di dunia. Ketika ingin pergi umroh atau naik haji, terdapat biaya yang harus dibayarkan untuk akomodasi dan penerbangan, perlengkapan umroh wanita, juga jasa perusahaan travel yang dipilih.

Biaya yang dibutuhkan juga cukup banyak dan pasti membutuhkan waktu untuk mencukupi tabungan apalagi jika masih banyak kebutuhan perlengkapan umroh wanita yang perlu dilengkapi.

Terdapat banyak cara mengumpulkan uang untuk umroh, tetapi perlu diingat untuk menggunakan cara yang sesuai dengan syariat islam.

Simak lebih lanjut untuk melihat tips menabung dan mengumpulkan uang untuk memenuhi biaya umroh dan perlengkapan umroh wanita secara efektif!

Program Tabungan di Bank

Tidak dipugukiri jika sudah beberapa bank di Indonesia yang memberikan penawaran program tabungan rencana berjangka untuk para nasabahnya. Nantinya, bank akan secara otomatis menarik dana dari rekening Anda setiap bulan dengan nominal dan tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda bisa mulai menabung di Bank yang dipercaya atau bank berbasis Syariah. Langkah lebih baik Anda menabung di bank Syariah karena tujuannya untuk ibadah.

Menghemat Pengeluaran dengan Jitu

Jika ingin melakukan transaksi atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang dirasa tidak begitu perlu, kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk biaya umroh yang memang membutuhkan banyak dana.

Kurangi pengeluaran untuk hiburan atau keperluan yang tidak mendesak. Sebagai contoh, kamu bisa mengurangi frekuensi jajan kopi setiap hari dan mulai membuat sendiri di rumah atau kantor.

Dengan mengurangi kebiasaan jajan yang tidak begitu mendesak, kamu bisa mengalokasikan dana yang biasanya digunakan untuk hal-hal tersebut ke pos tabungan biaya umroh.

Menabung di Perusahaan Travel Umroh

Terdapat beberapa agen atau perusahaan travel umroh yang menawarkan fasilitas tabungan untuk umroh dan haji. Kamu bisa membayarkan uang muka untuk didaftarkan menjadi calon jamaah umroh atau haji.

Lalu, sistemnya adalah menabung sampai jumlah tabungan sesuai dengan biaya umroh yang dibutuhkan. Jumlah tabungan harus sesuai dengan biaya umroh terbaru.

Sumber :

https://www.tokopedia.com/blog/fin-tips-menabung-umroh/

https://www.futuready.com/artikel/asuransi/seperti-ini-cara-menabung-untuk-umroh-dengan-aman-dan-mudah/

Jika Anda yang ingin membeli perlengkapan umroh wanita agar lebih praktis dan efisien Anda bisa membelinya di Zaidan Mall. Disana menjual banyak perlengkapan umroh wanita dan perlengkapan haji. Kunjungi Zaidan Mall di https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau Anda juga bisa langsung kunjungi di homepage website kami

Apa itu Tahallul?

Gunting | Perlengkapan Umroh Wanita

Ibadah haji hukumnya wajib untuk dilakukan oleh umat Muslim yang mampu. Sebelum berangkat haji, ada baiknya Anda mempersiapkan perlengkapan umroh wanita yang harus dibawa, mengetahui syarat, tata cara serta rukun haji.

Menurut bahasa, Tahallul berarti ‘menjadi boleh’ atau ‘diperbolehkan’. Dengan demikian, tahallul ialah diperbolehkan atau dibebaskannya seseorang dari larangan atau pantangan Ihram. Pembebasan tersebut ditandai dengan tahallul yaitu dengan mencukur atau memotong rambut sedikitnya 3 helai rambut.

Tahallul termasuk ke dalam serangkaian ibadah haji. Tahallul adalah ritual penutup, dimana setelah selesai tahallul, selesai pula ibadah umroh atau haji kita, dan selesailah kondisi ihram.

Semua Mashab berpendapat bahwa tahallul merupakan wajib haji, hanya Syafi’iyah menganggapnya sebagai rukun haji. Setelah tahallul, jamaah menunggu hingga hari Tarwiyah (8 Zulhijjah) saat ber-ihram kembali untuk Haji. Pada ibadah umroh, kamu cukup melakukan satu kali tahallul. Sementara pada ibadah haji, kamu diharuskan untuk melakukan dua kali tahallul.

  1. Tahallul Awal

Tahalul pertama ini terjadi dengan melakukan dua amalan haji dari tiga amalan haji : Melontar Jumroh aqobah, Mencukur Rambut menggunakan salah satu perlengkapan umroh wanita yang anda bawa yaitu gunting, dan thawaf ifadoh. Apabila telah melakukan dua amalan dari tiga amalan haji tersebut maka dinilai telah bertahallul pertama dan diperbolehkan untuk melakukan larangan-larangan ihram kecuali melakukan hubungan suami istri.

  1. Tahallul Kedua

Tahallul kedua ini terjadi apabila telah melakukan tiga amalan haji tersebut diatas, dimana telah melakukan lontar jumroh aqobah dan mencukur rambut serta thawaf ifadhoh. Para jumhur ulama bersepakat bahwa apabila telah melakukan tiga amalan haji ini maka dianggap telah tahallul kedua dan diperbolehkan melakukan larangan-larangan ihram termasuk melakukan hubungan suami istri. Jama’ah wajib menyelesaikan amalan-amalan haji lainnya yang masih tersisa: mabit di Mina, lontar jumroh.

Cara Bertahallul

Untuk laki-laki, afdalnya bercukur sempurna/botak (pada tahalul pertama). Boleh memotong rambut sepanjang sepertiga jari bagian atas atau kurang dari itu. Untuk perempuan hanya boleh memotong sebagian rambut, dengan mengumpulkan rambutnya kemudian memotongnya sepanjang satu ruas jari. Oleh karena itu perhatikan perlengkapan umroh wanita anda dengan sangat teliti, pastikan tidak lupa membawa gunting.

Sumber :

https://www.tokopedia.com/blog/arti-tahallul-tsani-dalam-umroh/

https://www.islampos.com/apa-itu-tahallul-dalam-ibadah-haji-43355/

https://berangkathajiumroh.wordpress.com/2012/07/11/apa-itu-tahallul/

Jika Anda yang ingin membeli perlengkapan umroh wanita agar lebih praktis dan efisien Anda bisa membelinya di Zaidan Mall. Disana menjual banyak perlengkapan umroh wanita dan perlengkapan haji. Kunjungi Zaidan Mall di https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau Anda juga bisa langsung kunjungi di homepage website kami

Apasih Manasik Umroh itu?

Umroh | Perlengkapan Umroh Wanita

Umroh merupakan salah satu perjalanan yang paling dicita-citakan seluruh umat muslim di dunia. Saat itu pun umat muslim dapat beribadah dan bersujud dengan khusyuk di rumah Allah. Menjadi salah satu bagian dari hamba Allah swt bisa mendapatkan kesempatan melaksanakan rukun islam ke-5 itu merupakan suatu karunia dan kebanggaan bagi umat muslim diseluruh dunia. Dalam melaksanakan ibadah umroh, kita perlu menyiapkan keperluan fisik,mental, dan perlengkapan umroh wanita yang sangat baik. Anda ingin melaksanakan ibadah umroh dibulan November, Desember, Januari, atau Februari?. Arab Saudi pada bulan bulan tersebut sedang memasuki musim dingin, terutama madinah.

Dari pengertian ini, dapat Anda pahami bahwa kegiatan manasik umroh adalah kegiatan peragaan pelaksanaan ibadah umroh sesuai dengan yang dituntunkan Rasulullah SAW. Kegiatan manasik umroh lengkap dipandu oleh seorang pembimbing. Dalam kegiatan ini, calon jamaah umroh akan mendapatkan pelatihan atau training terkait pelaksanaan ibadah umroh seperti umroh, wajib umroh, persyaratan, amalan amalan sunnah, perlengkapan umroh wanita dan larangan larangan selama menjalankan ibadah umroh.

Syarat Umroh :

  1. Islam
  2. Baligh
  3. Aqil
  4. Merdeka
  5. Istitho’ah (Mampu)

Rukun Umroh :

  1. Niat Ihrom
  2. Tawaf Umroh
  3. Sa’i
  4. Tahalul
  5. Tertib

Wajib Umroh :

Wajib umroh adalah kegiatan kegiatan yang harus dikerjakan pada saat melaksanakan ibadah umroh. Jika ada wajib umroh yang tertinggal, maka diganti dengan membayar denda atau dam. Setelah membayar denda atau dam, ibadah umroh baru menjadi sempurna.

Wajib umroh ada 3 yaitu :

  1. Niat umroh dari Miqat
  2. Memakai pakaian Ihram
  3. Mematuhi semua larangan ihram

Selain itu, selama menjalankan ibadah umroh, jamaah juga harus berupaya untuk dapat beribadah dengan khusyuk, memperhatikan perlengkapan umroh wanita, memenuhi rukun dan wajib umroh, mengamalkan amalan amalan sunnah dan menjauhi hal hal yang dilarang selama ihram.

Referensi :

http://biayaumroh.org/manasik-umroh

https://www.khazzanahumrohhaji.com/2018/11/perlengkapan-umroh-saat-musim-dingin.html?m=1

Jika anda bingung membeli Perlengkapan Umroh Wanita dimana? saya sarankan agar anda membeli perlengkapan umroh wanita di Zaidan Mall, karena zaidan mall salah satu toko online perlengkapan umroh dan haji yang murah dan lengkap. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Hal Pelengkap & Penyempurna Pelaksanaan Ibadah Umroh

Umroh merupakan salah satu perjalanan yang paling dicita-citakan seluruh umat muslim di dunia. Saat itu pun umat muslim dapat beribadah dan bersujud dengan khusyuk di rumah Allah. Menjadi salah satu bagian dari hamba allah swt bisa mendapatkan kesempatan melaksanakan rukun islam ke-5 itu merupakan suatu karunia dan kebanggaan bagi umat muslim diseluruh dunia. Dalam melaksanakan ibadah umroh kita perlu menyiapkan keperluan fisik,mental, dan perlengkapan umroh wanita yang sangat baik.

Sunnah dalam ibadah umroh adalah amalan pelengkap dan penyempurna bagi pelaksanaan ibadah Umrah; diberi pahala bagi mereka yang mengerjakan tetapi apabila pelaksanaannya tertinggal tidak membatalkan ibadah Umrah dan tidak membayar Dam.

Yang termasuk amalan sunnah adalah : 

1. Mandi ihram (sebelum ihram)

2. Memakai wangi-wangian sebelum ihram (bagi laki–laki)

3. Melafazdkan niat ihram di miqot sesudah shalat

4. Mengulang bacaan talbiyah

5. Berdo’a saat memasuki kota Mekkah

6. Berdo’a saat masuk Masjidil Haram

7. Berdo’a saat melihat Ka’bah

8. Mencium Hajar Aswad

9. Shalat di Hijir Ismail,

10. Minum Air Zam -zam dan

11. Memperbanyak melaksanakan Thawaf Sunnah.

Setelah mengetahui rukun, wajib, sunnah dan perlengkapan umroh wanita dalam ibadah umroh, jamaah juga diharuskan mengetahui urutan atau tatacara manasik umroh. Biasanya sebelum pemberangkatan jamaah ke tanah air, travel umroh tempat jamaah mendaftarkan umroh mempunyai program umroh untuk para jamaahnya, dengan tujuan agar jamaahnya tidak kebingunan selama melaksanakan umroh di tanah suci nantinya

Referensi :

https://m.dream.co.id/your-story/tata-cara-umroh-181122z.html

https://www.hasanahtours.com/blog/detail/16/sunah-umroh

Jika anda memang hendak pergi haji atau umroh tapi belum memiliki perlengkapan umroh wanita yang lengkap. Tidak perlu risau dan galau akan hal itu, anda dapat berbelanja di ZaidanMall.com, toko online perlengkapan umroh wanita yang siap antar sampai rumah. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Tips Aman Dan Nyaman Saat Umroh Untuk Pertama Kali

Tips Jitu Agar Barang Bawaan Umroh Tidak Tertukar | Perlengkapan Umroh Wanita

Umroh merupakan salah satu perjalanan yang paling dicita-citakan seluruh umat muslim di dunia. Saat itu pun umat muslim dapat beribadah dan bersujud dengan khusyuk di rumah Allah. Menjadi salah satu bagian dari hamba allah swt bisa mendapatkan kesempatan melaksanakan rukun islam ke-5 dan itu merupakan suatu karunia dan kebanggaan bagi umat muslim diseluruh dunia. Dalam melaksanakan ibadah umroh, kita perlu menyiapkan keperluan fisik,mental, dan perlengkapan umroh wanita yang sangat baik. Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberi tips aman dan nyaman saat umroh untuk pertama kali.

  • Pilih waktu yang tepat

Meski sebenarnya ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja, tapi ada baiknya anda memperhatikan pemilihan waktu agar ibadah umrah bisa berjalan aman dan nyaman, Dan terkadang iklim di Tanah Suci itu tidak stabil.

Saat musim panas tepatnya pada bulan Juni hingga Agustus, temperatur di Mekkah bisa mencapai 45 derajat celsius.

Sedangkan pada saat musim dingin, yaitu antara bulan November hingga Februari, temperatur malam hari dapat mencapai 8 derajat celcius, sedangkan siang hari berkisar antara 38 derajat celcius hingga 42 derajat celcius.

  • Cari agen travel yang terpercaya

Anda harus mencari agen travel yang terpercaya, anda bisa mencari informasi dari sanak saudara, teman, atau testimoni. Dan sebaiknya anda memilih paket reguler, dengan begitu anda tidak perlu singgah kemana-mana, seperti Dubai, Turki, Mesir, dan Malaysia. Jadi hanya ke Mekkah saja.

  • Siapkan dokumen yang diperlukan

Setelah anda mendapatkan agen travel terpercaya, maka tips selanjutnya adalah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Seperti paspor, foto close up, kartu kuning berisi vaksinasi meningitis dan influenza, dan lain-lain.

  • Lakukan latihan fisik

Tips aman dan nyaman sebelum menjalankan ibadah umroh yaitu melakukan olahraga. Mengingat saat menjalankan ibadah umrah harus melakukan tawaf, sa’i, dan harus berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Anda bisa melatih diri dengan melakukan olahraga ringan secara teratur agar tubuh terbiasa. Dengan begitu, fisik juga menjadi semakin kuat.

  • Mulailah membaca dan mempelajari buku-buku umrah beserta doa-doa

Berlatih membaca dan mempelajari buku-buku umrah, doa-doa dan shalat sunnah bisa anda lakukan sebelum mulai berangkat menjalankan ibadah umrah.

  • Bawa perbekalan dan perlengkapan yang cukup

Anda bisa membawa beberapa perlengkapan umroh wanita seperti pakaian ihram, sandal/sepatu, kaus tangan, kerudung panjang atau lebar, kaus kaki, face moisturizer, hand and body lotion, pakaian secukupnya, pakaian tidur, gamis atau pakaian panjang, mukena, sajadah, Al Quran, obat-obatan, multivitamin, pembalut untuk wanita, panty liner, kacamata hitam jika diperlukan, topi kecil, dan keperluaan pribadi.

Selain itu, tidak ada salahnya juga bagi anda untuk membawa kamera saku, colokan dengan 3 lubang, HP, dan charger.  Dengan begitu, anda masih bisa berkomunikasi dengan kerabat di tanah air.

  • Bawa uang secukupnya

membawa uang secukupnya, Uang ini juga bisa anda manfaatkan untuk membeli keperluan yang tidak terbawa dari rumah.

Jika anda bingung membeli Perlengkapan Umroh Wanita dimana? saya sarankan agar anda membeli perlengkapan umroh wanita di Zaidan Mall, karena zaidan mall salah satu toko online perlengkapan umroh wanita dan haji yang murah dan lengkap. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Tips Umroh Bersama Balita

Perhatikan Usia dan Kesehatan Anak

Usia sangat penting orang tua perhatikan saat membawa anak balita beribadah umroh. Anak lima tahun yang aktif dan sehat serta cenderung lebih mandiri tentu akan berbeda dengan membawa anak dengan usia dua atau tiga tahun. Anda juga harus memperhatikan resiko saat membawa balita terkait dengan kesehatan dan kondisi cuaca Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia.

  • Kesehatan mereka mungkin terganggu karena penyakit menular tertentu
  • Kondisi anak belum tentu mampu menerima kondisi cuaca Tanah Suci
  • Periksa riwayat kesehatan anak sebelum umroh. Pastikan anak tidak memiliki penyakit tertentu yang justru membahayakan dirinya
  • Berikan vaksinasi wajib sebagai syarat umrah serta lengkapi Vaksinasi anak jika ada pemberian vaksin yang terlewat

Tentukan Waktu Perjalanan yang Tepat

Waktu terbaik untuk melakukan umrah bersama anak anak adalah saat akhir tahun maupun bulan bulan awal. Biasanya kondisi udara relatif bersahabat untuk anak anak. Usahakan tidak mengambil waktu saat musim panas (pertengahan tahun), karena udara ekstrim di Tanah Suci. Anak akan tidak nyaman karena panas dan bahkan sakit. Jangan sampai niat ibadah umrah orang tua malah mengganggu kenyamanan anak.

Sediakan Mainan Favorit

Mainan favorit atau buku bacaan kesukaan anak bakal jadi barang penting yang juga harus dibawa ketika umrah bersama balita. Karena anak kecil biasanya gampang bosan, mainan favorit tersebut bisa menjaga mood mereka supaya tidak rewel. Namun jangan terlalu banyak juga. Jangan sampai orang tua malah jadi kerepotan sendiri karena membawa terlalu banyak mainan si kecil. Tanyakan kepada pihak travel bagaimana cuaca tanah suci ketika berangkat umrah nanti agar bisa menyiapkan baju hangat ketika musim dingin atau pelembab kulit untuk perlengkapan umroh wanita anda kalau sedang musim panas.

Stroller dan Gendongan

Meski tidak sepanjang ibadah haji, ibadah umrah juga membutuhkan waktu dan tenaga karena banyak tempat yang dikunjungi. Anda disarankan membawa kereta dorong dan gendongan sebagai perlengkapan umroh wanita anda meski anak sudah bisa berjalan. Hal ini juga dapat mempermudah orang tua mengontrol anak dan mempermudah pergerakan serta mengurangi rasa lelah anak saat ibadah.

Persiapan Fisik dan Kerja Sama Orang Tua

Terakhir, persiapkan fisik kamu dan suami. Tidak hanya perlengkapan anak, perlengkapan umroh wanita anda juga harus terpenuhi. Jika anak sehat maka umrah keluarga akan berjalan lancar.

Referensi :

https://umra.id/blog/tips-umrah-bersama-balita-ternyata-menyenangkan/

https://mommyasia.id/3694/article/yuk-simak-10-tips-umroh-nyaman-bersama-balita-berikut-moms

Jika anda memang hendak pergi haji atau umroh tapi belum memiliki perlengkapan umroh wanita yang lengkap. Tidak perlu risau dan galau akan hal itu, anda dapat berbelanja di ZaidanMall.com, toko online perlengkapan umroh wanita yang siap antar sampai rumah. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Inilah Beberapa Keistimewaan Umroh

Umroh adalah salah satu sunnah yang disarankan bagi para umat muslim didunia yang mampu dalam arti memampukan dirinya bukan hanya menunggu begitu saja tanpa ada sedikitpun usaha yang dilakukan, dalam pelaksanaan ibadah umroh ini memang diperlukan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan mulai dari persiapan biaya, kesehatan,juga semua perlengkapan umroh wanita yang dapat menunjang berbagai proses kelancaran dalam pelaksanaan umroh yang akan anda lakukan tersebut. Sebab persiapan yang harus anda lakukan haruslah benar benar matang dengan berbagai perlengkapan umroh wanita yang harus anda bawa dan tidak boleh tertinggal.

Setiap ibadah yang sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengandung keistimewaan. Berikut beberapa keistimewaan Umroh :

  1. Sebagai penghapus dosa

Allah SWT akan menghapus dosa-dosa kita di antara pelaksanaan Umrah yang satu dengan Umrah berikutnya. Sederhananya begini, bila 5 atau 10 tahun lalu kita sudah melaksanakan Umrah, selanjutnya tahun berkesempatan lagi untuk melakukan Umrah, maka dosa – dosa di antara kedua waktu Umrah tersebut akan diampuni Allah SWT.

  1. Jihad bagi para wanita dan orang yang lemah

Para ibu dan kaum wanita umumnya serta mereka yang lemah fisik pada masa Rasulullah SAW, tak bisa ikut berjihad atau berperang. Namun mereka masih mendapatkan fadillah pahala jihad dengan cara melaksanakan ibadah Umrah.

  1. Jemaah Umrah adalah tamu – tamu Allah yang doanya dikabulkan

Jemaah Haji dan Umrah adalah tamu undangan Allah SWT sehingga apa yang diminta sang tamu akan dikabulkan oleh-Nya. Ini adalah bentuk keistimewaan yang paling istimewa

  1. Wafat saat menjalankan ibadah Umrah pahalanya dicatat sampai hari kiamat

Keutamaan orang-orang yang wafat dalam perjalanan untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umrah, serta keutamaan orang yang wafat dalam keadaan berihram (di tengah pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah) adalah mendapatkan anugerah pahalanya dicatat sampai hari kiamat.

  1. Bisa menghilangkan kefakiran

Bila kita melihat saudara kita yang setelah pulang dari Haji atau Umrah maka terlihat kehidupannya semakin baik, rezekinya mengalir terus dan keluarganya bertambah berkah, itulah salah satu fadillah ibadah tsb. Seluruh biaya yang digunakan untuk berangkat Haji dan Umrah akan diganti oleh Allah SWT dengan berlipat-lipat.

Referensi :

https://travel.dream.co.id/umroh/inilah-10-keistimewaan-ibadah-umrah-160323o.html

https://fatour.co.id/keistimewaan-ibadah-umroh/

Jika anda bingung membeli Perlengkapan Umroh Wanita dimana? saya sarankan agar anda membeli perlengkapan umroh wanita di Zaidan Mall, karena zaidan mall salah satu toko online perlengkapan umroh wanita dan haji yang murah dan lengkap. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Lebih Baik Menggunakan Pil Pencegah Haid Selama Haji atau Tidak?

Umroh merupakan salah satu perjalanan yang paling dicita-citakan seluruh umat muslim di dunia. Dalam melaksanakan ibadah umroh kita perlu menyiapkan keperluan fisik,mental, dan perlengkapan yang sangat baik. Dan kadang dibingungkan oleh kaum wanita bolehkah pil pencegah haid sebagai perlengkapan umroh wanita?

Yang kadang ada pertimbangan untuk calon jamaah umroh wanita yaitu boleh kah menggunakan pil pencegah haid. Adalah agar bisa beribadah ketika haji dan umrah. Mereka berpikir “sudah jauh-jauh, bayar mahal dan jarang-jarang, eh sampai di tanah suci tidak bisa beribadah”.

Berikut ada pertimbangan baik dari sisi syariat dan medis. Dan lebih baiknya jamaah jangan mengguanakan pil pencegah haid ya…

  • Fatwa bolehnya tidak berarti mesti harus memakai pil pencegah haid
  1. Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah (semacam MUI di Saudi) :

“Boleh bagi wanita menggunakan pil pencegah haid di waktu haji bila mengkhawatirkan akan haid (ketika haji dan umrah). Tentu hal itu dilakukan setelah konsultasi dengan dokter spesialis untuk menjaga keselamatan (kesehatan) wanita yang menggunakannya dan demikian pula di bulan suci Ramadhan kalau ia ingin berpuasa bersama-sama manusia” 

  1. Syaikh Abdurrahman bin Nashir Al-Barrak,

“Tidak mengapa menggunakan pil pencegah haid karena ini termasuk menghilangkan kesusahan (untuk memudahkan). Sebagaimana firman Allah “Allah menginginkan bagi kalian kemudahan dan tidak menginginkan kesusahan.”

Ini sekedar fatwa boleh saja, tidak mewajibkan.

  • Lebih baik tidak menggunakan pil pencegah haid selama haji
  1. Pil pencegah haid memiliki beberapa efek samping yang berbeda-beda bagi setiap wanita. Bisa saja efek samping ini malah menimbulkan sakit selama ibadah misalnya nyeri di payudara, rasa mual sakit kepala, sehingga ini bisa menghalangi kekhusyukan ibadah
  2. Berdasarkan pengalaman, karena ibadah haji cukup menyedot energi dan stamina sehingga terkadang tubuh tidak stabil. Terkadang pil pencegah haid juga bisa menyebabkan haid menjadi tidak teratur. Ada beberapa yang muncul pendarahan kecil terus, ada juga yang tidak dapat haid tetapi muncul flek-flek darah atau kehitaman yang sering membuat jamaah wanita bingung, apakah ini darah haid atau bukan. Berbeda jika minum pil pencegah haid dengan keadaan tubuh yang prima, sehat serta tidak menanggung beban pekerjaan atau aktifitas yang berat.
  3. Wanita yang haid masih bisa melakukan semua ibadah haji kecuali tawaf saja. Sehingga tetap bisa ikut beribadah bersama rombongan. Sebagaimana hadits ‘Aisyah yang mendapatkan haid ketika haji, maka Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar melakukan semua manasik haji kecuali tawaf. Beliau bersabda,

هَذَا شَيْءٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ، افْعَلِي مَا يَفْعَلُ الْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِي

Ini adalah sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah pada anak-anak wanita Adam. Lakukanlah apa yang dilakukan seorang yang haji selain thawaf di Ka’bah sampai engkau suci.

Referensi :

https://muslimah.or.id/6469-lebih-baik-tidak-menggunakan-pil-pencegah-haid-selama-haji.html

Jika anda binggung membeli Perlengkapan Umroh Wanita dimana? saya sarankan agar anda membeli perlengkapan umroh wanita di Zaidan Mall, karena zaidan mall salah satu toko online perlengkapan umroh wanita dan haji yang murah dan lengkap. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Penyakit yang Sering Muncul Saat Umroh dan Haji

Umrah | Perlengkapan Umroh Wanita

Dalam menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci, diperlukan kesehatan tubuh yang sangat baik. Suhu udara yang panas antara 45-50 derajat Celcius di Makkah dan Madinah pasti akan sangat berpengaruh bagi kesehatan para jamaah calon haji. Karenanya, kesehatan mereka sebaiknya sudah harus dijaga sejak sebelum berangkat serta mempersiapkan perlengkapan umroh wanita dari jauh hari

Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai para jamaah calon haji :

  • Meningtis

Salah satu penyakit yang seringkali ditakuti oleh para Jemaah yang beribadah ke Tanah Suci adalah meningtis atau radang selaput otak. Udara di Tanah Suci yang sangat panas di siang hari dan dingin di malam hari memicu perkembangan penyakit yang menyerang otak dengan cepat. Beberapa gejalanya antara lain tubuh merasakan nyeri tak tertahankan, mual, dan demam.

  • Panas Dalam

Panas dalam juga sering menyerang tubuh saat berada di lingkungan yang memiliki suhu panas ekstrem. Kelihatannya mungkin sepele, tapi panas dalam bisa memicu beberapa gejala seperti demam, pilek, sariawan, bibir kering dan pecah pecah, hingga susah buang air besar atau sembelit. Sebaiknya bawalah minuman Pereda panas dalam sebagai perlengkapan umroh wanita anda.

  • Diare

Penyakit ini juga kerap menyerang Jemaah Indonesia saat berada di Tanah Suci. Diare sendiri disebabkan oleh bakteri E.Coli yang menyukai lingkungan kotor. Kurangnya kesadaran buat menjaga kesehatan diri seperti misalnya kurang menjaga kebersihan MCK atau tidak mencuci tangan.

  • ISPA

Cuaca yang panas dan berdebu di Tanah Suci juga bisa menjadi salah satu penyebab terganggunya kesehatan saluran pernafasan. Banyak Jemaah haji dan umroh yang terserang flu hingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) karena kondisi cuaca dan daya tahan tubuh yang menurun drastis ini. Maka dari itu gunakan masker sebagai perlengkapan umroh wanita anda untuk mencegah penyakit ini.

  • MERS-CoV

MERS (Middle East Respiraory Syndrome–Corona Virus) adalah penyakit infeksi virus yang menyerang saluran napas bawah. Penyakit ini termasuk kategori penyakit menular dan jenis virusnya yang bersifat zoonosis. Artinya, seseorang dapat terinfeksi virus ini melalui kontak langsung maupun tak langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Gejala MERS serupa dengan gejala infeksi paru, yaitu demam, batuk, dan sesak napas. Selain itu, gejala lain yang dapat muncul adalah nyeri sendi, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan diare.

Referensi:

https://www.moeslimchoice.com/read/2019/07/09/23768/6-penyakit-yang-perlu-diwaspadai-calon-jamaah-haji

https://www.dream.co.id/fresh/waspada-5-gangguan-kesehatan-saat-ibadah-di-tanah-suci-1707214.html

Jika anda memang hendak pergi haji atau umroh tapi belum memiliki perlengkapan umroh wanita yang lengkap. Tidak perlu risau dan galau akan hal itu, anda dapat berbelanja di ZaidanMall.com, toko online perlengkapan umroh wanita yang siap antar sampai rumah. Pilihan berbelanja di ZaidanMall.com merupakan pilihan yang tepat. Kunjungi Zaidan Mall di website https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau anda juga bisa secara langsung mengunjungi homepage website kami.

Membutuhkan bantuan ? Kontak kami di sini.

Kami selalu siap membantu anda. Segera hubungi kami bila anda ada masalah.

Customer Support 0

Qumil

Online

Qumil

Assalamu'alaikum, ada yg dapat saya bantu ? 00.00