Beberapa Tempat Istimewa di Madinah

Umroh merupakan salah satu perjalanan yang paling dicita-citakan seluruh umat muslim di dunia. Saat itu pun umat muslim dapat beribadah dan bersujud dengan khusyuk di rumah Allah. Dan dalam melaksanakan ibadah umroh, kita perlu menyiapkan keperluan fisik,mental, dan perlengkapan umroh wanita yang sangat baik.

Ada seseorang jamaah haji bertanya, “Kami telah melempar jumroh pada tgl 12, kemudian kami keluar dari mina sebelum matahari terbenam dan kami berniat untuk segera keluar dari mina ( muta’ajjil ). Setelah itu kami kembali lagi ke Mina pada malam harinya untuk melaksanakan beberapa amalan, maka apakah kami masih berstatus sebagai muta’ajjil atau kami harus mabit dulu dan melempar jumroh lagi ?”. Jangan khawatir anda masih berstatus muta’ajjil dan anda tidak lagi harus mabit (bermalam) dan melempar jumroh setelah meninggalkan Mina.

Syeikh Muhammad bin Sholeh al Utsaimin pernah ditanya:

“Jika jama’ah haji keluar dari Mina sebelum matahari terbenam pada tanggal 12 dengan niat untuk “ta’jjul” (meninggalkan Mina), lalu dia masih mempunyai tanggungan amal di Mina dan mau kembali lagi setelah matahari terbenam, maka apakah masih dianggap sebagai “muta’ajjil” (orang yang bergegas meninggalkan Mina) ?”

Beliau menjawab:

“Ya, masih dianggap sebagai “muta’ajjil” (orang yang bergegas meninggalkan Mina); karena dia telah menyelesaikan hajinya, dan niat kembali lagi ke Mina karena amalan tertentu tidak menghalangi bergegas meninggalkan Mina; karena dia kembali lagi karena suatu amalan tertentu bukan karena manasik haji. (Al Hajj wal Umrah).

Jika dia belum meninggalkan Mina sampai matahari terbenam, maka dia wajib bermalam di Mina dan melempar jumrah pada tanggal 13 nya,

Diriwayatkan dari Umar –radhiyallahu ‘anhu- bahwa beliau berkata:

” من غربت عليه الشمس وهو بمنى , فلا ينفرن , حتى يرمي الجمار من أوسط أيام التشريق”

“Barang siapa yang dia masih di Mina pada saat matahari sudah terbenam, maka janganlah beranjak sampai dia melempar jumrah di tengah hari-hari tasyriq”.

Referensi :

https://islamqa.info/id/answers/45051/jika-orang-yang-bersegera-keluar-dari-mina-kembali-lagi-pada-malam-harinya-maka-apakah-masih-berstatus-sebagai-bersegera-keluar-dari-mina

https://islamqa.info/id/answers/205161/bersegera-keluar-dari-mina

Jika Anda yang ingin membeli perlengkapan umroh wanita agar lebih praktis dan efisien Anda bisa membelinya di Zaidan Mall. Disana menjual banyak perlengkapan umroh wanita dan perlengkapan haji. Kunjungi Zaidan Mall di https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau Anda juga bisa langsung kunjungi di homepage website kami.

Membutuhkan bantuan ? Kontak kami di sini.

Kami selalu siap membantu anda. Segera hubungi kami bila anda ada masalah.

Customer Support 0

Qumil

Online

Qumil

Assalamu'alaikum, ada yg dapat saya bantu ? 00.00